Deskripsi

marikelolasampah.wordpress.com merupakan salah satu media penelitian mengenai kebijakan pengelolaan sampah dan wadah aspirasi bagi masyarakat terhadap kondisi sampah dan pengelolaannya.

Melalui blog ini yang nantinya akan di posting temuan-temuan dari peneliti, diharapkan akan muncul berbagai komentar terkait pengelolaan sampah, harapan masyarakat serta saran-saran untuk pengelolaan sampah yang kemudian akan disusun sebagai alternatif-alternatif kebijakan.

Komentar yang anda posting akan menjadi bagian penting dari penelitian ini. Mari bergabung dan ungkapkan kiritik serta saran untuk pengelolaan sampah guna tercapainya masyarakat dan lingkungan yang sehat.

NB: dimohon ketika menuliskan komentar cantumkan nama lengkap, tempat tinggal, pekerjaan dan alamat email (jika berkenan) karena ini merupakan diskusi ilmiah :). terimakasih.

Advertisements

5 thoughts on “Deskripsi

  1. Sekarang ini permasalahan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah saja, melainkan masyarakat itu sendiri yg harus punya kesadaran untuk turut andil dalam mengelola sampah untuk menjaga kelestarian lingkungan.

    Selama ini masyarakat yg kurang sadar justru mencerminkan perilaku tidak acuh akan keberadaan sampah, bahkan justru malah berkontribusi dgn membuang sampah sembarangan.
    Namun dikala terjadi banjir/kekumuhan justru malah menyalahkan pihak lain yaitu Pemerintah.

    Menurut saya yg pertama harus dibenahi bukan sistemnya, melainkan kesadaran MANUSIAnya.
    Karena kebijakan/usaha apa pun akan sia-sia jika msh byk oknum masyarakat yg masa bodo dengan lingkungannya.

  2. kalau di daerah saya, pngelolaan sampahnya parah banget. malahan kita ga punya petugas khusus buat ngumpulin sampah-sampah dari setiap rumah. jadi seminggu 3x saya harus membuang sampah ke tempat pembuangan sampah besar yang biasanya ada di daerah pasar. pengelolaan sampah yang seperti inilah yang memacu sebagian orang untuk membuang sampah sembarangan, contohnya seperti membuang sampah di selokan atau kali. seharusnya ada peraturan yang mewajibkan setiap daerahnya untuk mempunyai petugas sampah yang profesional. bukannya yang malas mengumpulkan sampah tapi rajin mengumpulkan uang sampah.

  3. permasalahan sampah sekarang merupakan suatu prioritas bagi pemerintah untuk dicarikan solusinya,,, kalau di malang,, ada 1 wilayah di Kelurahan Sukun, yaitu Kampung Terapi di RW 3,,. perpaduan dalam membangun lingkungan yaitu membangun lingkungan bersih, hijau dan asri dengan ciri khas batu terapi di sepanjang jalan ,,, serta metode pengelolaan sampah dengan manajemen bank sampah,,, dan saya bangga apabila kita semua sama2 sadar bahwa sampah harus dipandang sebagai sumber daya yang ekonomis apabila dikelola dengan baik

  4. saya di surabaya tepatnya kelurahan kandangan kecamatan benowo RT 1 RW II

    Kebanyakan warga di RT saya sampahnya langsung dibakar ditempat sampah yang udah disediain didepan rumah masing-masing, tapi karena di RT saya dilalui sama sungai kecil, nggak sedikit orang yang buang sampahnya di sungai tersebut.

    kalo masalah ada atau tidaknya petugas yang mengurusi masalah sampah kayaknya nggak ada, untuk masalah itu kurang tahu, tapi yang pasti karena tempat tinggal saya juga terdapat depo tempat pengumpulan sampah jadi nggak sedikit juga yang langsung membuang sampah setiap harinya ke depo tersebut.

    di kecamatan saya digunakan sebagai tempat pembuangan akhir sampah untuk daerah surabaya, untuk pengolahan sampahnya saya sendiri juga belum tahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s